Arab Saudi Akan Buka Izin Umroh Secara Bertahap

5 / 100 SEO Score

Kabar gembira datang dari Kerajaan Arab Saudi. Mulai Selasa 15 September 2020, warga internasional mulai diizinkan masuk ke negara tersebut.

Pelonggaran travel ini dilakukan secara bertahap. Pada tahap pertama, izin diberikan kepada warga negara-negara Teluk dan warga non-Saudi dengan surat izin iqama (residence permit).

Izin juga akan diberikan kepada pegawai pemerintah dan militer, pekerja kedutaan besar, serta orang yang butuh perawatan medis.

Dilaporkan Arab News, Senin (14/9/2020), bagi izin tahap pertama ini, warga Teluk dan pemegang iqama yang ingin datang ke Arab Saudi harus menunjukan hasil tes COVID-19 yang negatif dalam 48 jam terakhir.

Warga Saudi yang terpisah dari keluarga di luar negeri kini dapat saling mengunjungi.

Kabar gembira lainnya adalah Kerajaan Arab Saudi akan melakukan izin Umrah secara bertahap. Belum ada konfirmasi mengenai pelaksanaan haji tahun depan.

Namun, ada kabar gembira lain. Kementerian Dalam Negeri Saudi berkata tahun depan warga internasional akan boleh masuk Arab Saudi. Ini berlaku usai 1 Januari 2021.

Kerajaan Arab Saudi akan mengumumkan tanggal pastinya pada Desember mendatang. Rencananya, perjalanan diizinkan baik itu jalur darat, laut, dan udara, namun Kementerian Kesehatan kemungkinan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Arab Saudi Ikut Uji Klinis Vaksin COVID-19

Raja Salman dari Arab Saudi tertarik dengan perkembangan vaksin Virus Corona (COVID-19) buatan Rusia. Raja Salman dan Presiden Rusia Vladimir Putin telah membahas vaksin tersebut dalam perbincangan telepon.

Dilaporkan Arab News, Selasa 8 September 2020, Rusia sedang bekerja dengan Arab Saudi untuk meregistrasi vaksin Sputnik-V. Kedua negara juga menyiapkan tes klinis berskala luas terhadap manusia.

Vaksin COVID-19 dari Rusia baru-baru ini mendapat tinjauan bagus dari jurnal sains The Lancet. Tak ada efek samping serius dari vaksin tersebut.

Kerajaan Arab Saudi juga telah berkomunikasi dengan Gamaleya Institute yang mengembangkan vaksin Sputnik-V. Arab Saudi akan menjadi satu dari lima negara tempat uji klinik Fase 3 vaksin ini.

Negara lain yang akan menguji klinis vaksin Rusia adalah Uni Emirat Arab dan Filipina. Vaksin ini tentunya juga akan diuji klinis di Rusia.

Arab Saudi sebelumnya juga telah bekerja sama dengan perusahaan CanSino asal China untuk mengembangkan vaksin.

Selain vaksin COVID-19, Raja Salman dan Presiden Putin membahas sektor energi dan pasar minyak dunia. Ajang G20 juga menjadi pembahasan.

G20 2020 akan diadakan di Riyadh pada awal Desember mendatang. Pemerintah Arab Saudi optimistis pertemuan tingkat tinggi itu terus berjalan meski ada pandemi COVID-19.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *